PDM Kota Metro - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Metro
.: Home > Berita > MAMBS Adakan Pembinaan dan Pemberian Beasiswa Juara KSM 2021

Homepage

MAMBS Adakan Pembinaan dan Pemberian Beasiswa Juara KSM 2021

Kamis, 20-10-2021
Dibaca: 298

 

METRO-MA Muhammadiyah Metro mengadakan kegiatan pembinaan bagi Dewan Guru dan Staf, oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Metro Pusat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris PCM Metro Pusat, Imam Safi'i, M.Pd. dan Ketua Majelis Dikdasmen PCM Metro Pusat, Drs. Hamim. Dilaksanakan di Kampus 2 MA Muhammadiyah Metro, 20 Oktober 2021.

Kepala MA Muhammadiyah Metro, Ahmad Kholil, S.HI. menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya.

"Hari ini, yang seharusnya kita libur, kita gunakan untuk silaturahmi kekerabatan antara persyarikatan dan amal usaha kita. Tujuan kegiatan ini adalah pembinaan sekaligus motivasi antara amal usaha dengan roda persyarikatan. Kita adalah guru Muhammadiyah, maka pembinaan juga dari Muhammadiyah, tanpa Muhammadiyah, ya tidak ada amal usaha. Apa tujuan persyarikatan,  mau tidak mau kita harus ikuti, sami'na wa atho'na. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita mendapat ilmu yang lebih luas lagi," jelasnya.

Selanjutnya, Imam Safi'i menjelaskan tentang pentingnya membangun semangat kembali, mengelola MA Muhammadiyah Metro yang sudah berdiri cukup lama.

"Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro ini berasal dari PGA (Pendidikan Guru Agama). Beralih fungsi menjadi Madrasah Aliyah sejak tahun 1982. Usia yang cukup panjang bagi Aliyah Muhammadiyah Metro dalam rentang sejarah, dengan kemampuan bertahan yang luar biasa.

MA sejak dulu menjadi sekolah tujuan di Kota Metro sebagai sekolah kader. Banyak kader-kader Muhammadiyah dari lulusan MA Muhammadiyah Metro. Saya membuat rekam jejak kader IPM/IRM Metro, dan ternyata banyak yang berasal dari MA Muhammadiyah Metro," ungkapnya.

 

Selanjutnya, Imam Syafi'i menjelaskan bahwa persyarikatan Muhammadiyah (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) memiliki tugas dan fungsi yang tergambar melalui majelis-majelis yang ada, yaitu majelis kader, majelis dikdasmen, dan yang lainnya. Majelis Dikdasmen membawahi kepala sekolah dan guru-guru di satuan pendidikan.

Sekretaris PCM Metro Pusat itu juga mengajak Dewan Guru MAM untuk selalu semangat mengelola madrasah dengan berdakwah.

"Pada dasarnya, amal usaha digunakan untuk mengembangkan dakwah, maka Bapak/Ibu guru bertugas mendakwahi mereka (siswa) tentang ilmu agama, pengetahuan, dan keterampilan.  Saya mengajak Bapak dan Ibu guru untuk bersemangat mengelola amal usaha ini," paparnya.

Terakhir, beliau mengingatkan akan pentingnya membangun sumberdaya manusia (SDM) di tengah tantangan persaingan yang ketat.

"Tantangan sebetulnya dengan banyaknya persaingan adalah pada Sumber Daya Manusia (SDM) bukan pada Sumber Daya Alam (SDA).  Kembangkanlah SDM yang bagus, bekerja secara kolektif kolegial. Dalam suatu instansi, bila seorang leader (pemimpin) nya bagus, tetapi SOP nya tidak jelas, maka leader akan lelah dalam bekerja. Yang kedua, jika leader  tidak bagus, tetapi SOP bagus, maka perjalanan akan stagnan. Yang paling baik adalah, leader dikuatkan, SOP jelas," terangnya.

Drs. Hamim juga menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya.

"Fungsi majelis dalam persyarikatan adalah sebagai penyelenggara. Untuk amal usaha berbentuk sekolah/madrasah, mohon dikaji kembali minat masyarakat terhadap pendidikan. Output yang mampu dihasilkan dari madrasah itu apa?

 

Lulus harus ada keterampilan khusus sesuai minatnya, selain dari pada kurikulum. Minimal adalah keterampilan yang menjadi syarat hidup. Lebih baik lagi, jika lulusan dibantu untuk diberikan studi lanjut.

Maka yang terpenting adalah semangat, ikhlas, dan bahagia dalam beramal. Letak kebahagiaan tidak bisa hanya disebabkan oleh materi, karena ada diantara kita yang paling punya segalanya, tapi malah terlihat sebagai orang yang paling menderita. Sebaliknya, ada seseorang yang menurut kita terlihat paling menderita, tidak punya apa-apa, tapi dia biasa saja. Disitulah letak kebahagiaan," jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian penghargaan bagi Guru Pembimbing dan beasiswa bagi  Peserta Juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 MA Muhammadiyah Metro baik juara pada tingkat kota maupun tingkat provinsi.

Kontributor: Hardiani Alvia, S.Pd.

 

Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Amal Usaha Muhammadiyah



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website